Jaket Kulit Terbaik & Jenis Bahan Kulit untuk Pembuatan Kerajinan

bahan pembuatan jaket kulit

Jaket kulit telah melewati berbagai proses sebelum siap digunakan. Kulit dari jaket kulit juga mengalami beragram proses finishing. Kulit yang sudah melalui proses penyamakan akan diproses lagi sesuai spesifikasi jaket kulit yang diinginkan.

Produsen jaket kulit menggunakan bahan dari kulit hewan tertentu. Kulit sapi, domba dan kambing adalah jenis kulit yang paling banyak dibuat menjadi kerajinan di Indonesia.

Jenis Kulit untuk Pembuatan Jaket

Kulit diberi berbagai sentuhan akhir untuk meningkatkan keindahan alamnya dan beberapa sentuhan umum yang diberikan pada kulit adalah Nappa, Aniline, Semi-anilin, Berpigmen, Penggilingan kering alami, Kerikil Butir, dan masih banyak lagi.

Jaket kulit motor buatan Enjoy Leather Garut

Kulit Anilin

Kulit anilin yang dicelup merupakan kulit yang terlihat paling alami yang tersedia karena memiliki karakteristik permukaan kulit yang unik karena tekstur alami kulit terlihat. Ia tidak memiliki lapisan permukaan polimer dan pigmen. Jenis kulit ini hanya diwarnai dengan pewarna.

Tampilan anilin benar-benar transparan sehingga permukaan kulit asli terlihat dan permukannya tidak terhalang oleh partikel pigmen. Hanya kulit kualitas terbaik yang dapat digunakan untuk pencelupan menjadi kulit anilin. Kulit yang menonjolkan transparansi ini membuatnya menjadi pilihan yang mahal. Metode pencelupan ini menghasilkan nuansa yang sangat lembut dan mewah. Hasil dari metode ini dianggap sebagai kulit kualitas paling premium dalam pembuatan jaket kulit Garut.

Kulit Semi Anilin

Kulit semi anilin adalah anilin yang dicelup atau diwarnai menggunakan pigmen dalam jumlah kecil sehingga karakteristik alami dari kulit dapat terlihat. Kulit pertama kali dijenuhkan dalam pewarna dan kemudian diberi lapisan pewarna semi transparan dan pigmen ringan di permukaan. Perlakuan pemberian pewarna semi-transparan mencegah warna memudar tetapi material ini tidak sepenuhnya mengaburkan permukaan. Jenis kulit ini akan menjadi pilihan berikutnya setelah kulit anilin.

bahan pembuatan jaket kulit
Gambar contoh bahan pembuatan jaket kulit

Nappa Leather

Nappa adalah istilah umum yang diberikan untuk mewakili kulit yang halus dan lembut. Namun, sebagian besar kulit nappa akan dibuat dengan kulit top grain yang diampelas untuk menghilangkan ketidaksempurnaan dan dilapisi dengan pigmen. Pemilihan kulit tidak harus menggunakan yang terbaik sehingga membuat kulit jenis ini lebih hemat biaya bila dibandingkan dengan kulit anilin.

Kulit giling kering

Kulit digulingkan dalam drum besar untuk menghasilkan kulit yang lebih lembut dan proses ini dapat menciptakan sedikit “kerikil” di permukaan kulit.

Kulit berpigmen

Kulit berpigmen terdiri dari lapisan akhir yang memiliki partikel pigmen. Lapisan ini memberikan efek sepenuhnya buram. Kulit ini diberi lapisan plastik lengkap di atas permukaannya. Meskipun memungkinkan kulit untuk bernapas, tetapi memperlambat penyerapan air atau minuman tumpah atau bahkan kondisioner kulit. Kualitas alami kulit ditinggalkan dan karenanya tidak mudah tergores. Kulit ini biasanya digunakan untuk furnitur, pelapis dan kulit mobil serta jaket kulit yang dibuat tahan air.

Kulit Nubuck dan Suede

Kulit nubuck dan kulit suede adalah bahan kulit yang digosok untuk menghasilkan rasa lembut beludru. Perbedaan utama terdapat pada lokasi pengampelasan. Kulit nubuck diampelas pada permukaan grain kulit, sedangkan kulit suede diampelas pada sisi daging kulit.

Sisi grain merupakan bagian terkuat dari kulit sehingga kulit nubuck cenderung lebih tahan lama daripada kulit suede. Hal ini yang membuat kulit nubuck menjadi pilihan yang lebih mahal. Kulit suede yang dibuat dari lapisan dalam memiliki karakter lebih lembut, keropos dan kurang tahan terhadap gesekan dan noda.

Kulit Emboss

Kulit emboss merupakan kulit yang dibuat dengan melapisi kulit menggunakan panas dan tekanan tinggi untuk menciptakan pola atau desain khusus di dalam kulit atau untuk mewakili tekstur alami dari kulit. Ada berbagai jenis kulit emboss mulai dari buaya, ular, buaya, bunga, saffiano dan pola lainnya. Stamping pola pada kulit memberikan tampilan kreatif dan dekoratif untuk kulit yang juga anti air dan minyak. Perlakuan thermo-leather pada kulit emboss mengurangi paparan panas pada kulit saat terkena sinar matahari.

Kulit Buaya

Kulit yang diberikan tampilan dekoratif dengan stamping atau menekan permukaan kulit untuk menciptakan tampilan dan nuansa buaya disebut sebagai kulit buaya cetak.

Kulit Ular Cetak

Pola ular diterapkan pada permukaan kulit dengan tekanan ekstrim untuk meningkatkan desain ular di permukaan kulit. Ini pada dasarnya dilakukan untuk memberi tekstur dan penampilan ular yang berbeda pada kulit. Kulit yang timbul akan terlihat seperti kulit ular.

Kulit Saffiano Cetak

Kulit saffiano cetak merupakan kulit bertekstur yang dibuat dengan tekstur yang dipres di atasnya oleh mesin yang memberikan tekstur cross-hatch. Kulit ini juga diberi lapisan lilin sehingga kulitnya tahan gores, tahan lama dan mudah dibersihkan. Banyak merek fashion besar memiliki dompet yang dibuat dengan kulit ini.

Kulit menjadi bahan yang banyak digunakan untuk memproduksi pakaian seperti jaket, sepatu, dompet dan beberapa barang sehari-hari lainnya. Tren kulit terbaru ialah kulit dicetak dengan grafis luar biasa untuk mengubahnya menjadi produk khusus yang unik.

Rekomendasi Pengrajin Kulit Garut

Mencetak grafis ke kulit membuatnya digunakan untuk berbagai aplikasi di berbagai pasar. Mulai dari pakaian dan aksesoris mode kelas atas hingga interior otomotif dan interior rumah.

Kulit yang dicetak grafis sangat diminati. Pencetakan grafis pada kulit pada dasarnya dilakukan untuk kustomisasi barang-barang promosi seperti gelang kulit, gantungan kunci, sampul laptop, dan masih banyak lagi. Ekspresikan kreativitas dengan mendapatkan jaket kulit khusus dengan grafis tercetak dari Enjoy Leather Shop.

Toko Enjoy Leather

Kp. Tabrik Ds. Sindanglaya No. 116 RT. 02 RW. 08

Kec. Karangpawitan Garut Jawa Barat – Indonesia 44182

Tel/HP/WA: 0811-2132-798

Author: Slamet Purwanto

Slamet Purwanto adalah pemerhati Internet Marketing, khususnya Search Engine Optimization (SEO). Alumni Jurusan TIN IPB ini belajar SEO untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian Google. Kunjungi webnya di www.slametpurwanto.com