Keutamaan Bulan Dzulhijah

Keutamaan Bulan Dzulhijah– Pada bulan-bulan Islam ada yakeutamaan-bulan-dzulhijahng namanya bulan-bulan haram. Apakah bulan-bulan haram itu? Bulan-bulan haram adalah bulannya Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang dimuliakan. Ada 4 yang termasuk bulan-bulan haram yaitu Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijah, Muharram dan Rajab. Hal ini telah dijelaskan dalam Sunan At Tarmidzi No. 1512. Telah dijelaskan juga dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim yang artinya Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda : “Setahun ada 12 bulan, diantaranya terdapat 4 bulan haram : tiga bulan berurutan yaitu Bulan Dzulqa’dah, Dzulhijah dan Muharram, dan (satu bulan sendiri yaitu) Rajab Mudhar yang berada diantara Jumadil (akhir) dan Sya’ban (HR. Bukhari No. 3025 dan Muslim No.3179). Pilih Paket Umroh Desember 2016, mulai sekarang lalu daftarkan di Anda segera!

Bulan-bulan mulia tersebut, masing-masing memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri dan tentunya akan mendapat balasan baik dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala ketika sudah melakukan ibadah yang sunnah di bulan tersebut. Pada artikel kali ini, akan membahas salah satu dari bulan haram, bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala yaitu Bulan Dzulhijah. Dalam Bulan Dzulhijah juga akan diterangkan sedikit Keutamaan Bulan Dzulhijah.

Bulan Dzulhijah adalah bulan yang dinanti-nanti oleh umat Islam. Mengapa? Karena pada bulan ini, terdapat hari raya Islam yaitu Idul Adha dan hari haji. Dimana umat Islam melakukan qurban pada tanggal 10 Dzulhijah dan melaksanakan ibadah haji yang adanya satu tahun sekali pada bulan ini. Keutamaan Bulan Dzulhijah, termasuk bulan haram (Asyurul Hurum) yang telah dijelaskan sebelumnya. Di Bulan Dzuhijah, hendaknya melakukan puasa Arafah, yaitu pada tanggal 9 Dzhulhijah. Sebab, balasan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan melakukan ibadah tersebut, ialah dihapuskan dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Hal ini termasuk Keutamaan Bulan Dzulhijah yang telah dijelaskan dalam Hadits Riwayat Muslim No. 1162, At Tarmidzi No. 749, An Nasa’I dalam As Sunan Al Kubra No, 2805, Ath Thabari dalam Tahdzibul Atsar No. 763, Ahmad No. 22535, 22650. Ibnu Khuzaimah No. 2117). Bingung memilih Travel Umroh Haji? Percayakan kepada Khazanah Tour! Dijamin aman dan terpercaya!

Pada Bulan Dzulhijah, selain melakukan puasa pada tanggal 9 Dzlhijah, dianjurkan juga berpuasa pada 10 hari pertama, atau sebagiannya atau minimal sehari dalam Bulan Dzulhijah. Kemudian daripada itu, 10 hari pertama bulan ini, juga dianjurkan memperbanyak bertakbir dan bedzikir kepada Allah Subahanahu Wa Ta’ala. Sebab, itu juga termasuk Keutamaan Bulan Dzulhijah. Dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang artinya : “… dan supaya mereka menyebut nama Allah yang telah ditentukan…” (QS. Al Hajj (20): 28). Lalu dijelaskan juga dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang artinya : “Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu…” (QS. Al Baqarah (2): 185).