Makanan Khas Betawi Dahulu Kala yang Enak

Kota Kebanggaan Ibu Kota Jakarta

Makanan Khas Betawi—Salah satu kota kebanggaan di Indonesia adalah kota Jakarta. Banyak sejarah yang ada didalam Kota Jakarta sebelum menjadi Ibu Kota Negara Indonesia masa kini. Dimana pada sejarah tersebut sudah banyak peran para pejuang atau pahlawan yang telah memperjuangkannya. Sehingga lahirlah Kota Jakarta yang perayaan kelahirannya sering dirayakan pada tanggal 22 Juni. Sebagai kota kebanggaan dan Ibu Kota Negara Indonesia, tentunya Kota Jakarta menjadi lahan strategis untuk kegiatan hiruk-pikuk orang Indonesia maupun turis mancanegara. Penduduknya pun sangat memadati Kota Jakarta karena banyak mata pencarian yang dapat diambil disana. Sangat banyak bila membahas mengenai sejarah Kota Jakarta hingga detail, sampai ke seluk-beluk kependudukan dan permasalahnnya. Maka dari itu, sekarang kita bernostalgia ke jaman dahulu saja dengan membahas banyaknya makanan yang sejak dahulu bahkan hingga jaman sekarang masih ada yang membuat dan mengkonsumsinya. Karena, orang jaman sekarang dijamin, ketika memakan salah satu Makanan Khas Betawi, pasti tidak mengetahui apa namanya. Bukan hanya Makanan Khas Betawi saja, kemungkinan makanan lain pun bisa-bisa tidak tahu. Sama-sama belajar, sama-sama cari tahu yuk apa saja Makanan Khas Betawi yang ada sejak dahulu?

Makanan Khas Kota Jakarta Sejak Jaman Dahulu

  1. Kerak Telor

Bagi kalian orang Jakarta atau orang perantauan yang tinggal di daerah Jakarta cukup lama, pastinya pernah memakan (walau hanya sekali saja) Makanan Khas Betawi yang satu ini. Siapa yang tidak tahu Kerak Telor. Makanan Khas Betawi yang satu ini sudah sangat terkenal sejak dahulu hingga sekarang. Alhamdulillah penulis sudah pernah merasakan keunikan rasa dari Kerak Telor Makanan Khas Betawi. Bahan Kerak Telor yaitu nasi yang dicampur dengan telor ayam atau telor bebek yang dimasak ditungku hingga garing atau kering.  Nah, bagi Anda yang lapar ketika berwisata di Kota Jakarta, bisa langsung membeli Kerak Telor. Biasanya Kerak Telor ini banyak dijual di tempat-tempat wisata Jakarta seperti Kota Tua.

  1. Kue Talam

Makanan Khas Betawi yang satu ini sangat mudah sekali apabila Anda ingin membuatnya di rumah. Karena bahannya dari tepung beras ketan yang dikukus. Warna makanan yang dipakai, sesuai selera saja. Untuk memotong Kue Talam, jangan sampai nempel pada pisau ya? Untuk itu bungkuslah pisau Anda dengan plastic.

  1. Roti Gambang

Roti Gambang sebenarnya sama saja seperti jenis-jenis kue bolu yang sering kita temui dimana pun berada. Namun perbedaan antara Roti Gambang dengan kue bolu lainnya adalah gula yang dipakai. Makanan Khas Betawi Roti Gambang memakai gula merah, sedangkan kue bolu biasanya menggunakan gula putih. Warna coklat yang ada pada Roti Gambang itu, berasal dari gula merah.

  1. Es Selendang Mayang

Bila membicarakan mengenai Makanan Khas Betawi yang dicampur dengan es pasti Anda langsung merasa segar. Alhamdulillah untuk Es Selendang Mayang ini, penulis juga pernah mencobanya ditemani dengan Kerak Telor yang sudah disebutkan diawal. Wah segar ya? Jadi, Es Selendang Mayang ini merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, kemudian dipotong-potong kecil dan tipis lalu dicampur santan cair, sirup dan diberikan es.

Klik dan ketahui informasi seputar ibadah dan wisata ke Baitullah dengan amanah akhir tahun disini http://www.travel-umroh-haji.com/2017/07/paket-umroh-desember-2017-liburan-akhir-tahun.html

  1. Kue Putu

Makanan Khas Betawi yang satu ini, memang sudah tak asing lagi didengar. Karena, banyak yang menjualnya pada masa kini. Bahkan sering kita dengar gerobak penjualnya yang sangat kencang suaranya. Biasanya didalam kue ini berisikan gula merah.