Oleh-Oleh Khas Daerah Istimewa Yogyakarta Lezat

Makanan Daerah Orang Indonesia Kreatif

Oleh-Oleh Yogyakarta—Makanan khas Indonesia sangat banyak sekali dan beragam rasanya. Ada yang manis, pedas, asam, dan asin. Bahkan ada pula semua rasa dijadikan didalam satu jenis makanan. Itulah orang Indonesia, memang sangat kreatif sekali terutama dalam hal masak-memasak. Apapun bisa dijadikan bahan pangan yang halal, bergizi dan sehat. Semua daerah dari perkotaan hingga pedesaan yang ada diberbagai daerah, pasti memiliki makanan khasnya masing-masing yang terkadang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang yang ada dirumah. Makanan khas Indonesia yang akan dibahas pada artikel ini adalah makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Daerah ini memang sangat terkenal bahkan oleh-oleh yang sering dibawa pun bisa dirasakan oleh orang yang belum pernah ke Yogyakarta sekalipun.

Nah, jika sudah rasakan Oleh-Oleh Yogyakarta, tinggal kunjungan ke Kota Yogyakarta saja yang belum. Maka dari itu, sempatkan diri melihat Indonesia terutama kota besar Yogyakarta. Barangkali diantara para pembaca ada yang belum tahu dan belum pernah merasakan Oleh-Oleh Yogyakarta. Bahkan mungkin namanya saja tidak pernah dengar. Yuk baca sebentar artikel Khazzanah Tour Travel Umroh agar bertambah sedikit pengetahuan budaya dan makanan khas daerah yang ada di Negara Indonesia. Jangan lupa baca sampai bawah dan jangan ngiler karena lagi berpuasa ya..

Berbagai Nama Makanan Untuk Oleh-Oleh Dari Yogyakarta Halal dan Lezat

  1. Gudeg

Makanan yang satu ini, dapat dijadikan Oleh-Oleh Yogyakarta jika Anda pulang dari Kota Yogyakarta. Ya, gudeg. Makanan paling populer dari Yogyakarta ini, memiliki rasa yang unik. Yaitu, nangka bewarna kecoklatan jika sudah dimasak yang rasanya manis tapi tetap enak jika Anda memakannya ditambah nasi putih hangat. Jika Anda sedang berada di Kota Yogyakarta, tidak lengkap dan kurang afdhol rasanya, apabila Anda tidak menyempatkan diri untuk memakan makanan khas Yogyakarta ini.

  1. Bakpia Pathuk

Pernahkah dengar nama makanan ini yang bisa dijadikan Oleh-Oleh Yogyakarta? Mungkin “Pathuk”nya kurang pernah dengar ya.. Bakpia Pathuk adalah makanan kering khas Yogyakarta yang bila dimakan, teksturnya lembut sekali dimulut. Rasanya manis dan biasanya kulit adonan luarnya bewarna putih serta isi dalam Bakpia Pathuk berbahan kacang kedelai atau kacang hijau. Jangan sia-siakan rejeki titipan Allah, sisihkan dan pakailah untuk ibadah di bulan November untuk ke tanah suci dengan Paket Umroh November dari Khazzanah Tour Travel.

  1. Yangko

Makanan yangko merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang bisa dijadikan Oleh-Oleh Yogyakarta. Karena selain makanan ini termasuk makanan kering, makanan ini juga memiliki rasa yang manis dan bentuk biasanya adalah kotak warna warni. Selain itu, apabila dimakan sangat lembut dan berasa dingin.

  1. Walang Goreng

Makanan kering yang bisa Anda bawa untuk Oleh-Oleh Yogyakarta selanjutnya adalah walang goreng. Walang dalam bahasa Jawa berarti belalang. Bagi yang menyukai makanan ekstrem seperti ini, harus coba apabila Anda mampir ke Yogyakarta. Karena daging belalang yang renyah dan sangat enak, menjadikan Anda bisa-bisa ketagihan dalam memakannya. Bahkan bisa jadi Anda memakannya hingga dijadikan lauk pauk.

  1. Tiwul, Gathot dan Geplak

Ketiga makanan ini, merupakan makanan khas Yogyakarta dengan tampilan yang sama. Tampilannya tidak lain adalah dihiasi dengan kelapa parut dan gula diatasnya. Namun, tiwul dan gathot memiliki warna yang gelap sedangkan untuk geplak memiliki warna yang banyak atau warna-warni. Ketiganya memiliki rasa yang manis. Cocok saja apabila memakannya dicampur antara tiwul, gathot dan juga geplak.